Mengapa POS RETAIL Butuh System
Ulasan dari Penggiat POS Retail

1. Manajemen supply barang di beberapa toko dapat dikoordinasikan dari pusat.
Sistem POS Retail memungkinkan pemilik bisnis retail mengelola data penjualan di seluruh cabang toko. Sistem ini dikendlikan dari pusat sehingga dapat meng-update produk dan harga produk di seluruh toko  hanya melalui satu sistem.
Manajemen dapat melihat semua transaksi penjualan  dan melihat ketersediaan stok barang di setiap cabang.
2. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik
Sistem POS membantu Manager Toko menyediakan layanan yang lebih baik untuk pelanggan. Petugas Kasir dapat mencarikan produk yang diinginkan oleh pelanggan hanya dalam hitungan detik. Sistem ini bahkan memungkinkan manajemen membuat kios self-service untuk pelang-gan, sehingga mereka dapat mencari barang yang mereka inginkan sendiri.
3. Meningkatkan keamanan data terkait dengan pelanggan
Data pelanggan termasuk informasi kartu kredit mereka harus disimpan secara aman. Sistem POS berbasis Cloud memfasilitasi keamanan data pelanggan. Seluruh informasi penting disimpan di dalam Cloud, bukan di sistem komputer. Metode ini menghilangkan risiko kehilangan data akibat virus komputer atau kerusakan pada sistem.
Cloud POS juga memungkinkan manajemen untuk mengakses berbagai data secara offline.
4. Menghasilkan laporan penjualan yang lengkap dan akurat
Sistem POS membantu manajemen untuk mendapatkan data lengkap mengenai kinerja penjualan. Melalui sistem ini, Manajer Toko dapat membuat laporan sales lengkap yang mencakup jumlah produk yang terjual, produk yang paling laris, keuntungan penjualan, dan lain-lain. Dengan sistem ini, akan dapat menghilangkan human error yang biasanya terjadi saat menghitung penjualan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar akurat.
5. Memudahkan dan mempercepat proses pengembalian barang
Manfaat lain yang akan didapatkan dari sistem POS yang canggih adalah proses pengembalian barang yang cepat. Ketika ada pelanggan yang ingin membatalkan pembelian produk, maka petugas kasir bisa memprosesnya melalui sistem POS hanya dengan beberapa klik. Jumlah stok yang tadinya berkurang akan bertambah lagi secara otomatis.


7 Tips Sukses Implementasi Software ERP untuk perusahaan Anda
Sumber dari : https://blog.gamatechno.com/implementasi-software-erp/